Pages

SELAMAT DATANG DI SITUS DUNIA ILMU PENGETAHUAN, SITUS INI MENAMPILKAN ANEKA MACAM ILMU PENGETAHUAN, DARI MULAI CARA MENDATANGKAN PENGUNJUNG, TIPS N TRIK, SEJARAH, KEJADIAN DIDUNIA, DUNIA PENDIDIKAN, FLORA & FAUNA,PAY PER CLICK, CARI UANG DI INTERNET, DAN MASIH BYK LAGI YG LAIN NYA, SITUS INI HTTP://DUNIAILMU-PENGETAHUAN.BLOGSPOT.COM
Apakah Anda Menyukainya? Jangan lupa Klik Tombol Suka :

Sabtu, 20 Agustus 2011

Cara mengamankan PC dari serangan hacker!!




Berikut langkah-langkah mengamankan pc loe dari serangan hacker versi Nirbaya on demod wkwkwk

1. Pasang Firewall
Dari sekian firewall yang gua coba, gua paling seneng ama Zonealarm. Settingannya ga rumit and ada freeware versionnya. Freeware versionnya sudah cukup aman untuk pc loe.

2. Block incoming NetBIOS
Musuh dalam selimut bisa jadi tetangga atau teman yang dalam satu apartemen (LAN). Kalau ini di block, sharing antar LAN tidak berfungsi, sehingga loe invisible di LAN. Ini sangat penting untuk mengamankan data-data loe yang loe share dengan security terendah, alias semua orang yang berada di LAN bisa meng-copy bahkan menghapus data-data loe. Bayangin aja kalau loe tinggal bersama 100 orang di sebuah gedung yang semuanya bisa liat isi sharing folder loe =p
Cara block incoming netbios di zonealarm cukup mudah, naekkan level firewall dari "trusted" ke "internet".

3. Aktifkan port forwarding seperlunya saja
Port Forwading sering digunakan oleh para user yang mempunyai koneksi internet flatrate yang menggunakan router.
Pada dasarnya router memblock semua port diatas 1024 secara default. Sehingga bila loe ingin menggunakan applikasi yang membutuhkan suatu port tertentu agar bisa jalan. Mengaktifkan port forwarding memberitahu router untuk langsung menuju komputer loe sehingga musti diblock dengan firewall kalo ga dibutuhkan.

4. Windows update
Windows update sangatlah penting untuk menutup lubang-lubang di windows loe. Aktifkan automatis download and install windows-update nya di control panel.

5. Pasang antivirus
Online tanpa menggunakan antivirus ibaratnya seperti orang yang melakukan hubungan intim dengan pasangan tak sah tanpa memakai k*nd*m.
Tentu saja, dipasang saja ga ada gunanya. Virus definiton nya musti sesering mungkin di update.

6. Gunakan Firefox 3.x
Browser pun juga memegang peranan penting dalam hal online. Gunakan browser firefox atau browser lain yang support pop-up blocker dan tidak memiliki fasilitas active-x untuk mengunjungi site2 yang biasa loe kunjungi. Gunakan Intenet Explorer HANYA untuk site yang memakai Active-X and site itu sudah loe kenal akan keamanannya.
Firefox 3.x banyak feature2 baru yg bikin browsing jd lebih aman. Gunakan add-ons dibawah ini untuk menambah keamanan dr browsing:

a. Adblock Plus
Code:
https://addons.mozilla.org/en-US/firefox/addon/1865
Addons ini banyak sekali membantu nge-block popup2 yg biasanya bisa berisi virus.
Untuk menggunakan addons ini, setelah install harus mendownload Filter. Pilih saja filter "Easy List".
Setelah pasang addons ini, silahkan coba pergi ke website yg biasanya popup tetep bisa muncul walaupun build-in popup blocker nya Firefox aktif. Popup apa aja yg telah berhasil di block bisa diliat dengan meng-click icon merah "ABP" di pojok kanan atas.

b. WOT
Code:
https://addons.mozilla.org/en-US/firefox/addon/3456
Addons ini berfungsi untuk pre-check apakah website yg akan di kunjungi rawan akan virus, spyware, phising, dll.

c. Perspectives
Code:
http://www.cs.cmu.edu/~perspectives/firefox.html
Semenjak Firefox 3.x, semua secure connections website (https) yg mempunyai invalid certificate atau certificate yg tidak dikenal Firefox akan otomatis di block. Hal ini tidak terjadi dengan Firefox 2.x. Firefox akan memberikan peringatan yg memang rada annoying.
Dengan adanya addons ini, peringatan2 seperti itu akan di override kalau emang tuh site bener-bener aman. Addons ini bukan hanya meng-override settingan Firefox melainkan juga membantu Firefox mengecheck untrusted certificate yang membikin kalian lebih aman waktu menunjungi site2 seperti online banking atau e-shopping.
Keterangan lebih lanjut bisa diliat di website-nya Perspectives.

Jangan lupa juga untuk mengaktifkan fungsi "Clear private data". Set aja setiap Firefox di tutup, semua cookies and cache dibersihkan.

7. Gunakan Spyware Doctor
Download free version nya dgn Google Pack.
Dari sekian spyware removal software yg pernah aku coba, hanya Spyware Doctor yg menurutku plg jago detect spyware. Alternatif bisa juga pakai Spyware Terminator atau Spybot Search & Destroy.

8. Download software selalu dari official site
Biasakan mendownload software dari official site, jangan dari mirror yang ada di internet, karena bisa saja software tersebut terdapat trojan.

9. Jangan buka email yang tak dikenal
Email yang tak dikenal ini biasa disebut spam. Biasanya rata-rata berisi link dari beberapa site yang bila di-klick, nantinya akan terinstall sesuatu ke dalam komputer, bisa virus, trojan atau spyware.

10. Lakukan transaksi dengan https
Selalu check browser loe apa https atau icon gembok ada di browser loe untuk transaksi online. Hampir semua banking selalu menggunakan https, bila tidak, loe patut curiga akan kebenaran sitenya itu.

11. Hidupkan Bluetooth seperlunya saja
Yang namanya maling bisa masuk lewat mana saja. Gunakan Bluetooth hanya dalam men-transfer data dari ponsel ke komputer atau voice chat. Selebihnya matiin saja.

12. Jangan connect ke Wi-Fi tanpa menggunakan key
Wi-Fi yang tanpa menggunakan key, alias siapa saja bisa connect, biasanya menjadi sasaran pada orang iseng untuk membuka data-data di laptop/pc loe. Kalau NetBIOS di block, masih ok, walaupun resiko masih ada.





Sumber:forumbebas

0 komentar:

FreeWebSubmission.com Submit Your Site To The Web's Top 50 Search Engines for Free! Submit Your Site To The Web's Top 50 Search Engines for Free! Copy the Highlighted Code to your Web Page: Submit Your Site To The Web's Top 50 Search Engines for Free! Submit Your Site To The Web's Top 50 Search Engines for Free! Submit Your Site To The Web's Top 50 Search Engines for Free! Submit Your Site To The Web's Top 50 Search Engines for Free!